BAB 8 :
Mengadaptasi Organisasi Pada Pasar Sekarang
Perkembangan desain organisasi
Sampai abad ke-21 sebagian besar bisnis berukuran lebih kecil, proses
produksi barang relatif sederhana dan organisasi para pekerja cukup mudah. Mengorganisasi
para pekerja masih tidak terlalu sulit disebagaian besar perusahaan kecil,
seperti layanan pemotongan rumput atau toko kecil yang membuat kapal-kapal
sesuai pemesanan.
Pertumbuhan bisnis dapat menyebabkan apa yang disebut Ekonomi Skala (economies of scale) .
Prinsip-prinsip organisasi fayol
Fayol memperkenalkan prinsip-prinsip tersebut sebagai berikut :
Kesatuan Perintah.
Hierarki otoritas.
Divisi tenaga kerja.
Subordinasi kepentingan individual dengan kepentingan umum.
Otoritas.
Tingkat sentralisasi.
Saluran komunikasi yang jelas.
Tata tertib.
Keadilan.
Esprit de corps.
Pelajaran manajemen diperguruan tinggi diseluruh dunia memikirkan
prinsip-prinsip ini menjadi sama dengan konsep manajemen.
Prinsip-prinsip organisasi Weber mirip juga dengan prinsip-prinsip fayol,
selain itu Weber menekankan :
Deskripsi pekerjaan.
Peraturan tertulis, garis pedoman keputusan, dan catatan yang konsisten.
Prosedur, peraturan dan kenijaksanaan yang konsisten.
Promosi dan susunan kepegawaian yang didasarkan pada kualifikasi.
Prinsip-prinsip
ini menjadi sama dengan konsep manajemen.
Isu-isu yang terlibat dalam
strukturisasi organisasi
Ketika merancang organisasi yang responsif, perusahaan harus berhadapan
dengan beberapa isu organisasional yaitu :
Sentralisasi versus detrasentralisasi.
Rentang kendali.
Struktur organisasi yang tinggi versus datar.
Departementalisasi.
Model-model organisasi
Kita akan mengamati empat model organisasi, yaitu sebagai berikut :
Organisasi jalur.
Organisasi jalur dan staf.
Organisasi gaya matriks.
Tim-tim mandiri lintas fungsional.
Tim-tim mandiri Lintas Fungsional
Tim-tim
mandiri Lintas Fungsional adalah kelompok karyawan dari departemen yang berbeda
yang bekerja sama secara jangka panjang.
Mengatur interaksi antarperusahaan
Jejaring adalah menggunakan teknologi komunikasi dan cara lain untuk menghubungkan
organisasi-organisasi dan memungkinkan mereka untuk bersama –sama mencapai
objektif umum.
Real time berarti saat sekarang atau waktu aktual saat sesuatu terjadi. Data
internet tersedia dalam real time karena data tersebut dikirimkan secara instan
ke berbagai rekan organisasional ketika data tersebut dikembangkan atau
dikumpulkan.
Efek internet adalah sebuah konsep yang agak baru yang disebut transpalasi.
Transpalasi ketika sebuah perusahaan begitu terbuka pada perusahaan lain yang bekerja
dengannya, sehingga penghalang yang terjadinya solid diantara mereka menjadi
tembus pandang dan informasi elektronik dibagikan seolah perusahaan-perusahaan
tersebut adalah satu perusahaan.
Korporasi virtual adalah jaringan organisasi temporal yang terdiri atas
perusahaan-perusahaan yang dapat digantikan yang bergabung dan pergi sesuai
kebutuhan.
Benchmarking dan kompetensi inti
Benchmarking melibatkan membandingkan praktik, proses, dan produk sebuah
organisasi dengan praktik, proses, dan produk organisasi terbaik dunia.
Restruksi untuk pemberdayaan
Adalah mendesain ulang sebuah organisasi, sehingga dapat secara lebih
efektif dan efisien dalam melayani pelanggannya.
Berfokus pada pelanggan
Tidak peduli model organisasional yang anda pilih atau seberapa banyak anda
memeperdayakan karyawan-karyawan anda, rahasia untuk perubahan organisasi yang
berhasil adalah berfokus pada pelanggan dan memberi mereka apa yang mereka
inginkan.
Menciptakan kultur organisasional
yang berorientasi pada perubahan
Kultur organisasional dapat didefinisikan sebagai nilai-nilai yang dimiliki
secara luas didalam organisasi yang memberikan kesatuan dan kooperasi untuk
mencapai tujuan umum.
Organisasi informal
Organisasi formal yang merupakan struktur yang terperinci jalur-jalur
tanggung jawab, otoritas, dan posisi. Sedangkan organisasi informal merupakan
sistem hubungan yang berkembang secara spontan ketika para karyawan bertemu dan
membentuk pusat kekuatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar