BUKU KE DUA
BAB 13
PEMASARAN
MEMBANGUN HUBUNGAN PELANGGAN
APA ITU PEMASARAN
?
Pemasaran adalah
proses perencanaan dan pelaksanaan konsep, penetapan harga, promosi, serta
distribusi barang dan jasa untuk memfasilitasi pertukaran yang memenuhi
objektif individual dan organisasional.
EVOLUSI BIDANG
PEMASARAN
Ada empat era,
yaitu :
Produksi
Penjualan
Konsep pemasaran
Hubungan pelanggan
BAURAN PEMASARAN
Bauran pemasaran
adalah unsur-unsur yang menghasilkan program pemasaran yaitu :
Produk
Harga
Tempat
Promosi
PROSES PENELITIAN
PEMASARAN
Proses penelitian
pemasaran yang disederhanakan terdiri atas setidaknya empat langkah :
Mengidentifikasi
pertanyaan (masalah atau peluang) dan menentukan situasi saat ini.
Mengumpulkan data.
Menganalisis data
penelitian.
Memilih solusi
terbaik dan mengimplementasikan.
LINGKUNGAN
PEMASARAN
Ada beberapa
faktor :
Faktor global
Faktor teknologi
Faktor
sosiokultural
Faktor kompetitif
Faktor ekonomi
DUA PASAR YANG
BERBEDA
Pasar konsumen
adalah terdiri atas semua individu atau rumah tangga yang menginginkan barang
dan jasa untuk konsumsi atau penggunaan pribadi dan memiliki sumber untuk
membelinya.
Pasar bisnis ke
bisnis adalah terdiri atas semua individu dan organisasi yang menginginkan barang
dan jasa untuk penggunaan dalam memproduksi barang dan jasa lain atau untuk
penjualan, penyewaan, atau pemasokan barang kepada orang lain.
PROSES PENGAMBILAN
KEPUTUSAN KONSUMEN
Faktor-faktor lain
yang penting dalam proses tersebut adalah :
Pembelajaran
Kelompok referensi
Kultur
Subkultur
Ketidakcocokan
kognitif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar