Minggu, 09 Desember 2012

BAB 13 PEMASARAN MEMBANGUN HUBUNGAN PELANGGAN



BUKU KE DUA


BAB 13
PEMASARAN MEMBANGUN HUBUNGAN PELANGGAN


APA ITU PEMASARAN ?
Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsep, penetapan harga, promosi, serta distribusi barang dan jasa untuk memfasilitasi pertukaran yang memenuhi objektif individual dan organisasional.
EVOLUSI BIDANG PEMASARAN
Ada empat era, yaitu :
Produksi
Penjualan
Konsep pemasaran
Hubungan pelanggan
BAURAN PEMASARAN
Bauran pemasaran adalah unsur-unsur yang menghasilkan program pemasaran yaitu :
Produk
Harga
Tempat
Promosi
PROSES PENELITIAN PEMASARAN
Proses penelitian pemasaran yang disederhanakan terdiri atas setidaknya empat langkah :
Mengidentifikasi pertanyaan (masalah atau peluang) dan menentukan situasi saat ini.
Mengumpulkan data.
Menganalisis data penelitian.
Memilih solusi terbaik dan mengimplementasikan.
LINGKUNGAN PEMASARAN
Ada beberapa faktor :
Faktor global
Faktor teknologi
Faktor sosiokultural
Faktor kompetitif
Faktor ekonomi

DUA PASAR YANG BERBEDA
Pasar konsumen adalah terdiri atas semua individu atau rumah tangga yang menginginkan barang dan jasa untuk konsumsi atau penggunaan pribadi dan memiliki sumber untuk membelinya.
Pasar bisnis ke bisnis adalah terdiri atas semua individu dan organisasi yang menginginkan barang dan jasa untuk penggunaan dalam memproduksi barang dan jasa lain atau untuk penjualan, penyewaan, atau pemasokan barang kepada orang lain.
PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN
Faktor-faktor lain yang penting dalam proses tersebut adalah :
Pembelajaran
Kelompok referensi
Kultur
Subkultur
Ketidakcocokan kognitif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar