Minggu, 09 Desember 2012

BAB 14 : MENGEMBANGKAN DAN MENENTUKAN HARGA




BAB 14 : MENGEMBANGKAN DAN MENENTUKAN HARGA



PENGEMBANGAN PRODUK DAN PENAWARAN PRODUK TOTAL

Nilai adalah kualitas bagus pada harga yang wajar. Saat konsumen menghitung nilai dari satu produk, mereka melihat manfaat-manfaatnya dan lalu menguranginya dengan biaya-biaya untuk melihat apakah manfaatnya melebihi biayanya.

MENGEMBANGKAN PENAWARAN PRODUK TOTAL

Penawaran produk total adalah segala hal yang dievaluasi konsumen saat memutuskan apakah ia akan membeli suatu barang disebut juga paket nilai (value package).

LINI PRODUK DAN BAURAN PRODUK

Lini produk adalah sekelompok produk yang secara fisik mirip atau ditunjukkan untuk pasar yang serupa.
Bauran produk adalah kombinasi dari seluruh lini produk yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan manufaktur.

DIFERENSIASI PRODUK

Merupakan penciptaan perbedaan-perbedaan produk, baik nyata maupun yang dipersepsikan.

MEMASARKAN KELAS-KELAS BARANG KONSUMSI DAN JASA YANG BERBEDA

Ada beberapa kategori, sebagai berikut :
Barang dan jasa sehari-hari
Barang dan jasa perbelanjaan
Barang dan jasa khusus
Barang dan jasa tidak terduga

FUNGSI-FUNGSI KEMASAN

Melindungi produk didalamnya, dsb.
Menarik perhatian pembeli.
Menjelaskan isinya dan memberi informasi mengenai isi.
Menjelaskan manfaat.
Menyediakan informasi.
Memberi indikasi harga, nilai dan kegunaan.

PENGEMBANGAN PRODUK BARU BAGI PARA PRODUSEN TERDIRI 
ATAS BEBERAPA TAHAPAN
Pengumpulan ide, berdasarkan keinginan dan kebutuhan konsumen.
Seleksi produk.
Analisis produk.
Pengembangan.
Pengujian.
Komersialisasi (memasarkan produk).

TUJUAN PENENTUAN HARGA
Mencapai sasaran pengembalian atas investasi.
Membangun arus lalu lintas produk.
Mendapatkan pangsa pasar lebih besar.
Menciptakan suatu citra.
Mencapai tujuan-tujuan sosial.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar